Pendidikan formal adalah proses sadar yang dilakukan oleh setiap individu dalam mengembangkan berbagai keterampilan dalam hidupnya. Salah satu pendidikan formal yaitu perguruan tinggi. Pada tingkat perguruan tinggi salah satu agenda individu yaitu melakukan suatu kegiatan yang disebut program magang di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa program magang dalam menulis karya ilmiah melalui suatu pelatihan berupa pendampingan terbimbing yang dilakukan secara rutih oleh koordinator guru di MA Plus Nurul Islam Sekarbela. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian non eksperimental berupa penelitian deskriptif. Jumlah subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa program magang di MA Plus Nurul Islam Sekarbela sebanyak 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Data yang didapatkan dalam penelitian dianalisis secara deskriptif menurut Model Miles dan Huberman yang terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan didapatkan bahwa tingkat keberhasilan dari kegiatan ini cukup tinggi dengan mengacu pada keterampilan mahasiswa dalam mengembangkan karya tulis ilmiah yaitu tingkat persentase ketuntasan sebesar 76,92% dan kebermakaan yang dialami sebesar 86.00%.
Copyrights © 2023