Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul dengan menggunakan konteks kota Lubuklinggau pada material geometri sisi datar yang valid dan praktis serta efek potensial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model ini terdiri dari 5 tahap, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini meliputi validator (ahli bahasa, ahli media, ahli materi), guru matematika, dan siswa kelas 8. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengisian lembar kuesioner, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, e-modul yang dikembangkan memiliki validitas bahasa 0,75 dengan kategori valid, validitas media 0,75 dengan kategori valid, dan validitas materi 0,91 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan e-modul berdasarkan respon guru adalah 84% dalam kategori sangat praktis dan respon siswa (kelompok kecil) adalah 97,2% dalam kategori sangat praktis. Sedangkan efek potensial e-modul terhadap hasil belajar siswa sebesar 75,9% dengan kategori baik. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-modul dengan menggunakan konteks Kota Lubuklinggau pada material geometri sisi datar yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan sangat valid dan praktis serta memiliki efek potensial yang baik sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran pada bahan bangunan sisi datar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022