Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes hasil belajar matematika yang valid dan reliabel dengan daya pembeda dan tingkat kesukaran yang dapat diterima. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan modifikasi pada model Wilson, Oriondo, dan Antonio. Subjek ujicoba dalam penelitian ini terdiri dari 72 siswa. Produk instrumen tes dinilai oleh para ahli melalui lembar validasi isi. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen tes layak dan memenuhi syarat dengan perolehan rata-rata indeks Aiken sebesar 0,802 dan memiliki butir soal yang berada pada kategori baik berdasarkan hasil analisis faktor eksploratori yang menunjukkan nilai KMO sebesar 0,661 dengan koefisien MSA tiap butir soal > 0,50 dan dan rotasi faktor tiap butir soal > 0,30. Instrumen tes juga memiliki karakteristik unidimensi dengan nilai eigenvalue sebesar 6,361 dan persen cumulative sebesar 21,202% serta reliabilitas soal sebesar 0,869 dengan tingkat kesukaran dan daya pembeda yang dapat diterima.
Copyrights © 2022