Journal of Mathematics Science and Education
Vol 5 No 1 (2022): Journal of Mathematics Science and Education

ANALISIS FAKTOR EKSPLORATORI INSTRUMEN TES HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X

Nini Andriani (Universitas PGRI Silampari, Indonesia)
Viktor Pandra (Universitas PGRI Silampari, Indonesia)
Nur Fitriyana (Universitas PGRI Silampari, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes hasil belajar matematika yang valid dan reliabel dengan daya pembeda dan tingkat kesukaran yang dapat diterima. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan modifikasi pada model Wilson, Oriondo, dan Antonio. Subjek ujicoba dalam penelitian ini terdiri dari 72 siswa. Produk instrumen tes dinilai oleh para ahli melalui lembar validasi isi. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen tes layak dan memenuhi syarat dengan perolehan rata-rata indeks Aiken sebesar 0,802 dan memiliki butir soal yang berada pada kategori baik berdasarkan hasil analisis faktor eksploratori yang menunjukkan nilai KMO sebesar 0,661 dengan koefisien MSA tiap butir soal > 0,50 dan dan rotasi faktor tiap butir soal > 0,30. Instrumen tes juga memiliki karakteristik unidimensi dengan nilai eigenvalue sebesar 6,361 dan persen cumulative sebesar 21,202% serta reliabilitas soal sebesar 0,869 dengan tingkat kesukaran dan daya pembeda yang dapat diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMSE

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Journal of Mathematics Science and Education is a periodical Journal of Sciences in Mathematics and Mathematics Education published by RESEARCH, DEVELOPMENT, COMMUNITY, AND COLLABORATION INSTITUTIONS (LP4MK) STKIP PGRI Lubuklinggau. Journal of Mathematics Science and Education can have ISSN ...