Penelitian ini bertujuan Untuk : 1) Mendeskripsikan keterampilan konseptual (conceptual skill), 2) keterampilan manusiawi (human relationship skill, dan 3) keterampilan tehnik (technical skill) kepala sekolah dalam meningkatkan mutu layanan pembelajaran di SMA Negeri 3 Mukomuko. Rancangan penelitian deskribtif kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data adalah kepala sekolah, wakil kurikulum dan guru.Tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen.Teknik analisis data memiliki empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kesimpulan penelitian ini adalah : 1) kepala sekolah mempunyai konsep bahwa peningkatan mutu dapat tercapai dengan ditunjang adanya strategi yang tepat serta ketepatan dalam mengambil keputusan, dalam merencanakan program kerja. 2). Sebagai seorang pemimpin yang terampil dalam bekerja sama dengan orang lain, kepala sekolah telah mampu menjalin komunikasi yang baik, memberikan penghargaan kepada bawahannya yang berprestasi, menciptakan suasana kerja yang nyaman, memberikan suri tauladan kepada bawahannya, memberikan bimbingan dalam menjalankan tugas dan melibatkan guru dalam mengambil berbagai keputusan. 3) Kepala sekolah telah bertanggung jawab penuh terhadap proses pengawasan dalam proses pembelajaran dan terlibat langsung dalam upaya memberikan bantuan terhadap guru dalam pengelolaan kelas, sebagai bentuk kemampuan keterampilan tehnis.
Copyrights © 2022