Membaca merupakan salah satu aspek yang wajib dikuasai dalam melakukan keterampilan berbahasa. Oleh karena itu, untuk dapat meningkatkan kemampuan membaca diperlukan metode yang tepat, salah satunya adalah metode SQ3R. Berdasarkan hal tersebut maka masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran strategi survey (SQ3R) terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 10 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran strategi survey (SQ3R) terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 10 Palembang. Metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa kelas eksperimen 75,24 yang diajarkan menggunakan strategi survey SQ3R lebih tinggi dibandingkan kemampuan membaca siswa kelas kontrol 63,00 yang tidak diajarkan menggunakan strategi survey SQ3R lebih rendah. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh strategi survey SQ3R terhadap keterampilan membaca pada kelas IV SD Muhammadiyah 10 Palembang.
Copyrights © 2023