Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara self-esteem dengan schadenfreude pada suporter klub-klub sepak bola liga Inggris di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain non-eksperimental. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik accidental sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 139 orang dengan pembagian 40 orang untuk pilot study dan 99 orang untuk field study. Penelitian ini menggunakan alat ukur self-esteem yang diadaptasi dari alat ukur state self-esteem scale dan alat ukur schadenfreude yang diadaptasi dari schadenfreude scale yang dikembangkan oleh Crysel & Webster (2018). Data penelitian kemudian diolah dengan menggunakan teknik statistik Pearson Product-Moment Correlation. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang negatif (r= -0,588) dan signifikan (0,000 (P<0,05)) antara self-esteem dan schadenfreude pada suporter klub-klub sepak bola liga Inggris di Indonesia.
Copyrights © 2023