Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 7 No 4 (2023): April 2023

Pengaruh Utilitarian Value dan Emotional Value terhadap Impulsive Buying melalui Kepercayaan Konsumen pada e-Commerce di Indonesia

Adhistia Salsabila Putri (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)
Aryo Pinandito (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2023

Abstract

Kemajuan teknologi dan internet berdampak signifikan pada pola konsumsi di Indonesia melalui e-commerce. E-commerce mengalami pertumbuhan pesat dengan banyak perusahaan dan transaksi belanja online yang meningkat. E-commerce dipilih karena kemudahan dan kenyamanan transaksi. Namun, fenomena pembelian impulsif juga muncul sebagai dampaknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah 50 responden mahasiswa Universitas Brawijaya dari angkatan 2018 - 2020. Hasilnya menunjukkan bahwa utilitarian value tidak berpengaruh langsung pada impulsive buying, sementara emotional value berpengaruh langsung. Faktor emosional lebih dominan daripada utilitarian value dalam mempengaruhi impulsive buying. Pengaruh tidak langsung melalui kepercayaan konsumen juga tidak terbukti. Dengan demikian, kepercayaan konsumen tidak memediasi hubungan antara utilitarian value dan emotional value dengan impulsive buying.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

j-ptiik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya merupakan jurnal keilmuan dibidang komputer yang memuat tulisan ilmiah hasil dari penelitian mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian ...