Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran Project Based Learning yang selanjutnya akan disebut dengan PJBL terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 6 Malang. Fokus penelitian menghasilkan simpulan yang dapat dibuktikan secara ilmiah sebatas permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini dilaksanakan. Permasalahan yang dimaksud ialah permasalahan learning loss di SMK Negeri 6 Malang. Learning loss dalam konteks ini adalah suatu kondisi hilangnya pengetahuan dan keterampilan atau kejadian menurunnya hasil belajar siswa. Dengan demikian batasan luaran penelitian ini berupa pembuktian secara ilmiah ada atau tidaknya pengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan siswa. Penelitan ini menggunakan desain weak exsperimen static-group pretest-posttest. Sampel penelitian ialah siswa kelas eksperimen (X TKJ 1) akan diberi treatment PJBL dan siswa kelas kotrol (X TKJ 2) menggunakan Discovery Learning sebagai pembanding. Hasil uji beda menunjukkan tidak ada beda antara nilai post-test kelas eksperimen dengan post-test kelas kontrol namun ada beda pada nilai psikomotorik atau keterampilan siswa. Simpulan yang diperoleh dalam penelitian ialah implementasi PJBL terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 6 Malang tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa namun memiliki pengaruh terhadap hasil belajar psikomotorik atau keterampilan siswa dengan effect size sebesar 0,31.
Copyrights © 2023