Latar Belakang: Masalah kesehatan reproduksi remaja saat ini masih menjadi perhatian karena dapat membahayakan kesejahteraan wanita dan berdampak negatif pada kualitas hidup. Terdapat perubahan masalah fisik mental dan emosional inilah yang membentuk periode yang berbeda dari kehidupannya.Tujuan: mengetahui pengaruh pemberian edukasi berbasis modul pada remaja putri terhadap peningkatan self efficacy pada kasus premenstrual syndrome.Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen yang dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain, kondisi yang terkendali dengan menggunakan total sampling.Hasil: Dari 60 responden dilakukan pretest yang rata-rata tingkat pengetahuan siswi berada pada kategori kurang sebanyak 93,3%. Pada posttest mengalami peningkatan dan rata-rata pengetahuan siswi pada kategori cukup sebanyak 81,7% dan kategori baik sebanyak 18,3%. Dari hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai p= Value sebesar 0,00 (p-value<0,05)Kesimpulan: terdapat pengaruh antara pemberian edukasi menggunakan modul terhadap peningkatan self efficacy siswi tentang premenstrual syndrome.Saran: Diharapkan siswi lebih seringa tau banyak membaca tentang edukasi premenstrual syndrome agar siap menghadapi masa menarche. Kata kunci : Efikasi Diri, Modul, Premenstrual Syndrome, Remaja Putri ABSTRACT Background: Adolescent reproductive health issues today are still a concern because they can endanger women's well-being and negatively impact quality of life. There are changes in these physical, mental, and emotional problems that shape different periods of his life.Objective: determine the effect of providing module-based education to adolescent girls on increasing self-efficacy in cases of premenstrual syndrome.Methods: using quasi-experiments which can be interpreted as research methods used to look for the effect of certain treatments on other, controlled conditions using total sampling.Results: Of the 60 respondents conducted a pretest whose average level of knowledge of female students was in the less category as much as 93.3%. In the posttest, there was an increase and the average knowledge of female students in the category was quite 81.7% and the good category was 18.3%. From the results of the Wilcoxon test shows that the value of p = Value is 0.00 (p-value<0.05).Conclusion: there is an influence between the provision of education using modules on increasing students' self-efficacy about premenstrual syndrome.Suggestion: It is hoped that students will read more often about premenstrual syndrome education to be ready for menarche. Keywords: Adolescent Women, Module-Based Education, Self Efficacy, Premenstrual Syndrome
Copyrights © 2023