Guru professional akan tercermin dalam penampilan pelaksanaan pengabdian tugas-tugas yang ditandai dengan keahlian baik dalam materi maupun metode. Keahlian yang dimiliki oleh guru profesional adalah keahlian yang diperoleh melalui suatu proses pendidikan dan pelatihan yang diprogramkan secara khusus untuk itu. Sebagai Kepala sekolah harus mampu mengelola waktu secara efisien, baik untuk tugas-tugas sendiri maupun untuk sekolah secara keseluruhan. Sehingga keluhan kegiatan proses belajar mengajar dapat berjalan secara efektif dan efisien. Oleh Karena itu peneliti melakukan upaya meningkatkan sikap disiplin guru Melalui Program Pembinaan Kedisiplinan Oleh Kepala Sekolah Di SDN 3 Selat Barat. Dari hasil pengamatan, hasil nilai observasi dan wawancara pada siklus I, pelaksaan program pembinaan kedisiplinan dapat berjalan dengan kondusif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. siklus kedua ini adalah siklus yang merupakan refleksi dari siklus pertama. Pada siklus ke II ini terdiri dari kegiatan perencanaan, pengamatan, dan refleksi tindakan.Pada siklus ini pelaksanaan program pembinaan kedisiplinan juga sama seperti yang di terapkan pada siklus I, dan hasil dari program pembinaan kedisiplinan yang sudah di laksanakan menunjukkan peningkatan Kedisiplinan Guru SDN SDN 3 Selat Barat pada proses mengajar
Copyrights © 2023