Berdasarkan hasil pada siklus II ini mengalami peningkatan lebih baik dari siklus I.Adanya peningkatan motivasi belajar pada siklus II ini dipengaruhi oleh adanya peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan media gambar, siswa menjadi lebih terbiasa dengan pembelajaran seperti ini, sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi yang telah diberikan. Pada siklus II ketuntasan secara kalsikal telah tercapai, sehingga penelitian ini hanya sampai pada siklus II. Penggunaan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan berimplikasi pada peningkatan hasil belajar siswa pada kelas V SD Negeri 3 Lowu-lowu Kecamatan Lea-lea Kota Baubau. Hal ini dapat ditunjukan dengan data hasil belajar mulai dari pra siklus, siklus I secara klasikal siswa belum mengalami ketuntasan belajar, karena siswa yang memperoleh nilai ≥65 hanya sebesar 37,03% lebih kecil dari presentase ketuntasan motivasi belajar yang dikehendaki yaitu sebesar 80%. Pada siklus II dengan penggunaan media gambar dalam pembelajaran secara kalsikal siswa sudah tuntas belajar, karena siswa yang memperoleh nilai ≥65 adalah sebesar 96,29% lebih besar presentase ketuntasan yang dikehendaki yaitu 80%.
Copyrights © 2023