Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mengumpan bola menggunakan pendekatan permainan rondo Siswa Kelas V-A SDN Kebonsari 1/414 Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan evaluasi kondisi awal diperoleh nilai rata – rata kondisi awal sebesar 59,79 dengan nilai tertinggi adalah 75 terdapat 8 orang dan nilai terendah adalah 50 terdapat 26 orang dengan ketentasan belajar 88,4% dan yang tidak tuntas 11,6%. Hasil penelitian menunjukan pada siklus 1 untuk materi mengumpan bola dengan pendekatan permainan rondo diperoleh nilai rata – rata siklus 1 sebesar 65,44 dengan ketentasan belajar 35,4% dan yang tidak tuntas 64,6%. Pada siklus II untuk materi menngumpan bola diperoleh nilai rata – rata siklus II sebesar 71,50 dengan ketuntasan belajar 91,8% dan yang tidak tuntas 8,2%. Penggunaan Pendekatan Permainan rondo dapat meningkatkan hasil belajar materi mengumpan bola siswa kelas V-A SDN Kebonsari 1/414 Surabaya.
Copyrights © 2023