Hasil belajar siswa kelas IV A SDN Gayungan II/423 Kota Surabaya yang memiliki nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal atau KKM masih sangat banyak. Siswa yang mampu mencapai nilai KKM hanya sebesar 43% atau 12 siswa dari jumlah 28 siswa. Maka dari itu penulis menyusun penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif dengan metode pendekatan drill supaya terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV A SDN Gayungan II/423 Kota Surabaya. Setelah diberikan pendekatan dengan metode seperti yang sudah disusun yaitu pendekatan atau metode drill yang dilaksanakan dalam 2 siklus penelitian telah menghasilkan peningkatan yang signifikan. Pada siklus I hasil belajar passing bawah pada permainan bolavoli meningkat menjadi 68%, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 86%. Oleh karena itu, berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang sudah dilakukan dapat tarik kesimpulan bahwa penggunaan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar gerakan passing bawah pada permainan bolavoli siswa kelas IV A SDN Gayungan II/423 Kota Surabaya sebesar 43% dalam 2 kali siklus yang telah diberikan pada siswa. Maka dari itu, penulis dapat memberikan rekomendasi mengenai metode pendekatan drill guna meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi passing bawah pada permainan bolavoli.
Copyrights © 2023