Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar chest pass peserta didik dalam bola basket menggunakan pendeketan permainan. Metode penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Jombang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan pengukuran dan alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan melakukan tes. Hasil dari penelitian ini menampilkan bahwa menggunakan metode pendekatan permainan dapat meningkatkan hasil belajar chest pass permainan bola basket, yaitu nilai ketuntasan sebelum mendapatkan pendekatan permainan yaitu 33,3% atau hanya 11 peserta didik yang tuntas dan 22 peserta didik tidak tuntas atau sebesar 66,7%, setelah menggunakan metode pendekatan permainan pada siklus I peserta didik yang tuntas sebanyak 20 peserta didik atau 60,6% dan 13 peserta didik belum tuntas atau sebanyak 39,4%. Siklus II dengan menerapkan metode yang sama peningkatan kembali terjadi menjadi 81,8% atau 27 peserta didik yang tuntas dan 18,2% atau 6 peserta didik tidak tuntas. Kesimpulannya, metode pendekatan permaianan pada bola basket dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2023