Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 5 No. 1 (2023)

Development of Virtual Reality Based Maritime Literature Learning: Exploring Madurese Local Wisdom in the Folklore of Jokotole

Amil, Ahmad Jami'ul (Unknown)
Dellia, Prita (Unknown)
Ismail, Nor Hasimah (Unknown)
Narawi, Mohammad Syawal (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran bahasa, sastra, dan pengajaran berbasis Virtual Reality (VR) untuk meningkatkan keterampilan menulis dan memfasilitasi proses pembelajaran sastra serta pengetahuan lokal terkait kapal, strategi perang laut, dan pemahaman cerita Jokotole dengan menggabungkan kearifan lokal. Penelitian ini mengikuti model Penelitian dan Pengembangan Borg dan Gall, yang terdiri dari tujuh tahap: identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, pengujian produk, revisi desain, validasi desain, dan revisi produk. Media pembelajaran yang dikembangkan ditujukan untuk digunakan pada perangkat Android atau sejenisnya, dengan memanfaatkan virtual box, dan mengintegrasikan pengetahuan lokal Madura dari cerita rakyat melalui teknologi VR. Penelitian ini bertujuan menjawab dua pertanyaan utama, yaitu (1) Bagaimana mengembangkan media pembelajaran berbasis VR untuk sastra maritim yang fokus pada kearifan lokal terkait pelayaran dan strategi perang laut dalam cerita rakyat Jokotole, dan (2) Bagaimana proses pembelajaran membaca menggunakan media VR? Temuan penelitian meliputi pengembangan storyboard berdasarkan legenda Jokotole menggunakan perangkat lunak Unity dan dibatasi hingga lima peristiwa. Strategi perang laut mencakup pengaruh tokoh Jokotole dan otoritasnya. Selain itu, teknologi perkapalan dan senjata melibatkan penggunaan celurit, parang, dan cambuk, sedangkan model kapal (Cadik) berfungsi sebagai transportasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa proses pembelajaran sastra menggunakan media VR meningkatkan antusiasme siswa dan memudahkan pembentukan gagasan menulis. Media VR sangat menarik bagi siswa dan dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran sastra, memungkinkan reinterpretasi konten cerita rakyat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ghancaran

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan ...