Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 7th University Research Colloquium 2018: Bidang Teknik dan Rekayasa

Uji Kemampuan Rancangan Sistem Kemudi, Transmisi, dan Pengereman pada Mobil Listrik Prototype "Ababil"

Pramuko Ilmu Purboputro (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan melakukan rancangan beserta uji performasisistem transmisi, sistem kemudi dan sistem pengereman mobil listrik“Ababil”. Asumsi dasar mobil listrik dirancang adalah tipe protottype(Mobil beroda tiga, depan dua roda dan belakang satu roda) yangdisesuakan pada regulasi Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) yangdiselenggarakan oleh pemerintah Indonesia melalui Kemenristekdikti.Panjang wheel base 1,8 m, jarak antar roda depan 0,80 m tinggiground clearance 10 cm dan berat total mobil maksimum 108 kg.Motor listrik yang digunakan adalah tipe BLDC dengan spesifikasidaya 350 watt, 48 volt dan putaran 470 rpm dengan baterry Li-Ionberkapasitas 48 V/DC 20 AH. Rancangan sistem transmisi menggunakansprocket chain, sistem kemudi menggunakan dua tie rod, lengantie rod, dan ball joint, sedangkan pengereman menggunakan sistemcakram hidrolik. Dari hasil pengujian diperoleh hasil mobil yangmampu bergerak stabil saat melaju di trek lurus maupun belok.Kecepatan maksimum 50 km/jam. Untuk sistem kemudi, radius belokminimal 3 meter dengan sudut belokan roda depan 34º, radius belokmaksimal sebesar 6 m dengan belok roda depan 17º. Besarnya gayapengereman yang dibutuhkan pada pada jalan datar adalah sebesar594,57 Newton.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

proceeding

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology

Description

University Research Colloquium (URECOL) merupakan forum seminar nasional yang memberikan kesempatan untuk diseminasi, diskusi, dan mendapatkan follow up atas luaran penelitian maupun pengabdian kepada ...