Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 7th University Research Colloquium 2018: Bidang MIPA dan Kesehatan

Profil Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Fisioterapi melalui Self Assessment dan Peer Assessment

Marita, Rose Ash Sidiqi (Unknown)
Abidin, Zainal (Unknown)
Amanati, Suci (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatankuantitatif dan kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh profilkemampuan berpikir kritis mahasiswa Akademi Fisioterapi WidyaHusada Semarang melalui self assessment dan peer assessment. Halini berarti penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengungkapkemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan mengacu pada Ennis,yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilandasar, menyimpulkan, membuat penjelasan lebih lanjut danmenyusun taktik dan strategi. Penelitian ini menghasilkan profilkemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam menyelesaikan masalahdan pegambilan keputusan melalui self assessment dan peerassessment. Penelitian dengan subjek sebanyak 90 mahasiswa. Datadikumpulkan dengan menggunakan self assessment dan peerassessment yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa rerata kemampuan berpikir kritismahasiswa masih tergolong cukup, yaitu kemampuan mahasiswadalam memberikan penjelasan sederhana tergolong baik, yaitusebesar 78% (self assessment) dan 77,5% (peer assessment);kemampuan mahasiswa dalam membangun keterampilan dasartergolong dalam kriteria baik, yaitu sebesar 77% (self assessment)dan 74,5% (peer assessment); kemampuan mahasiswa dalammenyimpulkan tergolong dalam kriteria baik, yaitu sebesar 77% (selfassessment) dan 82,5% (peer assessment); kemampuan mahasiswadalam membuat penjelasan lebih lanjut tergolong dalam kriteriacukup, yaitu sebesar 73% (self assessment) dan 73,5% (peerassessment); dan Kemampuan mahasiswa dalam menyusun taktikdan strategi tergolong dalam kriteria cukup, yaitu sebesar 62% (selfassessment) dan 67% (peer assessment). Jadi, dapat disimpulkanbahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam kategori cukupbaik melalui self assessment dengan rerata sebesar 71% maupunpeer assessment dengan rerata sebesar75%. Tentunya hal ini sangatdipengaruhi proses pembelajaran, efektif tidaknya pembelajaran danaktivitas mahasiswa dalam menggali kemampuan berpikir kritis.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

proceeding

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology

Description

University Research Colloquium (URECOL) merupakan forum seminar nasional yang memberikan kesempatan untuk diseminasi, diskusi, dan mendapatkan follow up atas luaran penelitian maupun pengabdian kepada ...