Penelitian ini merupakan studi pendahuluan mengenai deskripsiketerampilan proses sains peserta didik pada mata pelajaran Fisikakelas X MIPA SMA Negeri 1 Salaman tahun pelajaran 2017/2018.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterampilanproses sains peserta didik pada mata pelajaran fisika. Penelitian inimerupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitianini adalah peserta didik SMA Negeri 1 Salaman dan sampel penelitianadalah 32 orang siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Salaman yangdiperoleh dengan teknik simple random sampling. Analisis data dalampenelitian ini dengan menggunakan analisis nilai secara kuantitatif.Data diperoleh dari hasil tes keterampilan proses sains pada materipengukuran. Hasil penelitian didapatkan bahwa pada indikatorketerampilan mengamati sebesar 43%, keterampilan mengukur 54%,keterampilan memprediksi 57%, keterampilan meyimpulkan 56%,keterampilan komunikasi 43%, keterampilan mengklasifikasi 40%sehingga secara keseluruhan tingkat keterampilan proses sains pesertadidik sebesar 49%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwaperlu diadakan penelitian lanjutan untuk meningkatkan keterampilanproses sains peserta didik.
Copyrights © 2018