Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan pengembangan model dan perangkatpembelajaran Bahasa Inggris Creative Problem Based Learning (CPBL) untuk meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris dan mengembangkan karakter positif siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini merupakan penelitian tahap pertama dari dua tahap yang direncanakan. Strategi penelitian menggunakan studi deskriptif kualitatif yang melibatkan guru dan siswa di 10 SMK di wilayah Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner, observasi, dan wawancara. Untuk pemeriksaan derajad kepercayaan data digunakan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan model interaktif (Miles& Huberman, 1994). Hasil analisis menunjukkan bahwa 100% guru dan 90% siswa menyambut baik upaya pengembangan model pembelajaran bahasa Inggris CPBL yang mengakomodasi kebutuhan pembelajaran di SMK. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat kebutuhan subjek pendidikan terhadap pengembangan model yang sesuai dengan konteks SMK sangat tinggi. Secara konseptual, model pembelajaran CPBL diyakini dapat menjadi solusi untuk pembelajaran bahasa Inggris di SMK.
Copyrights © 2018