Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan perempuan dalam perspektif Kiai Haji Ahmad Dahlan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research), dimana peneliti menggunakan metode dokumentasi dalam pengumpulan data. Sedangkan dalam menganalisis data-datanya, peneliti menggunakan teknik analisis konten (Content Analysis) berupa data-data tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan perempuan dalam perspektif Kiai Haji Ahmad Dahlan ada 5, yaitu: 1) kesetaraan dalam menuntut ilmu, 2) ajaran Islam sebagai landasan pelaksanaan pendidikan, 3) integrasi ilmu agama dan ilmu umum, 4) perpaduan antara ilmu dan amal, dan 5) pendidikan yang bersifat dinamis. Implementasi terhadap konsep pendidikan perempuan perspektif Kiai Haji Ahamad Dahlan secara keseluruhan telah diterapkan oleh kaum perempuan, terutama anggota Muhammadiyah. Dalam hal ini peran tersebut dipegang oleh ‘Aisyiyah dan Nasyiatul ‘Aisyiyah. Konsep-konsep tersebut terkemas dalam program-program dari masing-masing amal usaha yang bergerak dalam berbagai bidang yang dimiliki oleh kedua organisasi tersebut. Diantara bidang tersebut, yaitu: bidang pendidikan, bidang ekonomi, bidang kesehatan, bidang kesejahteraan sosial, dan bidang hukum dan HAM.
Copyrights © 2018