Kecemasan menghadapi tes masuk perguruan tinggi disebabkan adanyapersepsi yang kuat dalam diri peserta tes yang umumnya menilai bahwasuatu nilai merupakan kesuksesan belajar. Penelitian ini bertujuan untukmengembangkan skala kecemasan menghadapi tes masuk perguruan tinggi.Dikonsepkan, kecemasan tes terdiri atas respon fisiologis, emosionalitas, dankognitif yang merujuk pada khawatir. Skala dikembangkan melalui 4 tahap:tahap 1 pemeriksaan validitas isi dengan metode Aiken's V, tahap 2 tryout,tahap 3 uji reliabilitas menggunakan alfa cronbach, tahap 4 seleksi aitem.Sebanyak 68 aitem skala kecemasan menghadapi tes masuk perguruan tinggidiadministrasikan kepada 90 siswa/siswi SMA/SMK/MA dengan penyebaranskala cetak di Kota Magelang dan penyebaran skala online secara acak diluar Kota Magelang (Pulau Jawa). Hasil analisis menunjukkan koefisien alfacronbach sebesar 0,920 dan 50 aitem memiliki daya beda tinggi (r ? 0,3).Disimpulkan skala dapat digunakan untuk memberikan informasi terkaittingkat kecemasan dalam menghadapi tes masuk perguruan tinggi.
Copyrights © 2019