Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 12th University Research Colloquium 2020: Bidang MIPA dan Kesehatan

PENURUNAN TINGKAT STRES PADA SISWA PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DENGAN TERAPI ICE BREAKING BERUPA GERAK DAN LAGU

Noorratri, Erika Dewi (Unknown)
Faizah, Imrotul (Unknown)
Purwaningsih, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2020

Abstract

Indonesia memiliki sistem pendidikan yang baru yaitu sistem pendidikan FullDay School. Pelaksanaan Full Day School memberikan dasar yang kuatterhadap siswa sehingga mengembangkan minat dan bakat sertameningkatkan kecerdasaan siswa dalam segala aspek. Kegiatan Full DaySchool menyebabkan siswa mengalami stres, adapun salah satu caramengurangi stres dengan melakukan terapi Ice Breaking berupa gerak danlagu. Tujuan pemnelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh terapi IceBreaking berupa gerak dan lagu terhadap penurunan tingkat stres padasiswa penerapan Full Day School di SMA Negeri 1 Surakarta. Penelitianmenggunakan metode kuantitatif analitik eksperimen dengan rancanganpenelitian Pre-test Post-test One Group Desain, tehnik pengolahan datapurposive sampling, sampel 40 responden, instrumen penelitianmenggunakan kuesioner PSS (Perceived Stres Scale). Hasil uji statistik padaresponden menunjukkan PValue 0,000 < 0,05 , sehingga ada penurunantingkat stres pada siswa penerapan Full Day School dengan pemberian terapiIce Breaking berupa gerak dan lagu. Ada penurunan tingkat stres pada siswapenerepan Full Day School dengan terapi Ice Breaking berupa gerak danlagu di SMA Negeri 1 Surakarta.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

proceeding

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology

Description

University Research Colloquium (URECOL) merupakan forum seminar nasional yang memberikan kesempatan untuk diseminasi, diskusi, dan mendapatkan follow up atas luaran penelitian maupun pengabdian kepada ...