Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas konselingkelompok teknik behavioral contract untuk meningkatkankemandirian belajar remaja.Penelitian ini menggunakan desain OneGroup Pretest Posttest Design .Sampel yang diambil dalampenelitian ini sebanyak 8 remaja sebagai kelompok eksperimen.Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik random samplingcara undian. Metode pengumpulan data dilakukan denganmenggunakan angket kemandirian belajar. Metode analisis datayang digunakan yaitu analisis parametrik Paired sample t-test.Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok teknikbehavioral contract efektif untuk meningkatkan kemandirian belajarpada remaja. Hal ini dibuktikan dari hasil uji paired sample t-test dengan probabilitas nilai sig (1-tailed) 0,000< 0,05. Berdasarkanhasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rataangket kemandirian belajar 67% dari hasil pretest angketkemandirian belajar dan hasil posttest angket kemandirian belajar .Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa konseling kelompokteknik behavioral contract efektif untuk meningkatkan kemandirianbelajar pada remaja.
Copyrights © 2021