Hipotenusa: Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
Vol 6, No 2 (2023): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)

PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA

Nur Indah Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan pemecaham masalah matematis siswa kelas X UPW 1 SMK Negeri 7 Yogyakarta pada semester genap. Kemampuan pemecahan masalah yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal pada materi matriks ditinjau dari indikator kemampuan pemecahan masalah menurut Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X UPW 1 berjumlah 32 siswa SMK Negeri 7 Yogyakarta yang akan dianalisis kemampuan pemecahan masalah matematika. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Purposive sampling diamana Purposive sampling ini dimaksudkan dengan menetapkan pertimbangan tertentu yaitu penetuan kelompok siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah, wawancara terhadap subjek yang terpilih dan dokumentasi. Hasil tes siswa diperiksa dan dikelompokkan menjadi 3 yaitu kelompok atas, kelompok tengah dan kelompok bawah. Wawancara dilakukan untuk menggali hasil pekerjaan siswa dan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan teknik triangulasi dari hasil tes subjek, wawancara terhadap subjek dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis : (1) Indikator Memahami Masalah, siswa dari kelompok atas menunjukkan bahwa mereka sudah mampu memenuhi indikator memahami masalah, sedangkan untuk siswa dari kelompok tengah dan bawah menunjukkan bahwa hanya cukup mampu memenuhi indikator memahami masalah. (2) Indikator Mengembangkan Rencana, siswa dari kelompok atas, tengah dan bawah menunjukkan bahwa mereka sudah mampu memenuhi indikator mengembangkan rencana. (3) Indikator Melaksanakan Rencana, siswa dari kelompok atas dan tengah menunjukkan bahwa mereka sudah mampu memenuhi indikator melaksanakan rencana, sedangkan untuk siswa dati kelompok bawah hanya cukup mampu memenuhi indikator melaksanakan rencana. (4) Indikator Memeriksa Kembali, siswa dari kelompok atas dan tengah menunjukkan bahwa mereka sudah mampu memenuhi indikator memeriksa kembali dan menyimpulkan jawaban, sedangkan untuk siswa dari kelompok bawah hanya cukup mampu memenuhi indikator memeriksa kembali dan menyimpulkan jawaban.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

HT

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is a peer-refereed open-access international journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal is founded under Department of Mathematics Education ...