Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna
Vol 11, No 2 (2023): Agustus 2023

Strategi Content Marketing Influencer Melalui Shopee Affiliate Program Pada Instagram

Windi Erfiana (Universitas Dian Nuswantoro)
Devi Purnamasari (Universitas Dian Nuswantoro)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Perkembangan e-commerce di Indonesia meningkat secara signifikan dari tahun 2018 sampai tahun 2021, beragam jenis e-commerce yang didirikan menyebabkan adanya persaingan antar beberapa marketplace yang ada di Indonesia. Shopee merupakan salah satu marketplace terbaik dari implementasi teknologi yang canggih untuk bisnis online. Shopee memiliki program yang paling populer yaitu program pelengkap Shopee , sehingga dapat memanfaatkan strategi content marketing influencer . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi content marketing yang dilakukan oleh influencermelalui program Shopee imbuhan di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis isi ( Content Analysis ) dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi serta hubugan dengan melibatkan informan sebagai sumber informasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi content marketing menjadi lebih efektif dengan mengimplementasikan enam macam elemen dari content marketing dan terdapat efek positif dari teori stealth marketing melalui unggahan konten pada Instagram, dengan menggunakan teknik dari stealth marketing . Begitu, pemasaran silumanbisa menjadi elemen bauran promosi yang efektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

makna

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna (E-ISSN: 2337-4616, P-ISSN 2087-2461) is a Scientific Journal published by the Department of Communication Science, Faculty of Language and Communication Science, Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna is intended to the ...