Kepopuleran musik K-pop mampu mendominasi pasar global termasuk Indonesia dan digemari dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Banyaknya penggemar K-pop kemudian membentuk komunitas-komunitas pecinta K-pop salah satunya komunitas dance cover Orange Crush. Banyaknya penilaian negatif mengenai K-pop di masyarakat menjadi tantangan bagi para anggota Orange Crush dalam menjalalani aktivitasnya di dalam komunitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep diri penggemar K-pop di dalam komunitas Orange Crush. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, self report dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga subjek memiliki konsep diri yang positif, yang memiliki ciri-ciri yakin dan mampu dalam mengatasi masalah, merasa sama dan setara dengan orang lain, mampu menerima pujian tanpa rasa malu, menyadari bahwa tidak semua orang menyetujui hobi dan aktivitasnya, dan mampu mengintrospeksi dan memperbaiki kesalahan serta menyadari dan mengembangkan potensi diri.
Copyrights © 2023