Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu pendekatan yang digunakan oleh guru bimbingan konseling untuk mengatasi masalah yang ada pada diri seorang peserta didik di SMP IT Al-Ikhwan Tanjung Morawa. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korealasional, di mana penelitian ini disebabkan oleh dua hal dalam melihat adanya hubungan dalam penelitian. Adapun teknik pengambilan data dalam penelitian ini ialah menggunakan angket, teknik observasi dan dokumentasi. Di mana sumber data yang diperoleh berdasarkan hasil yang terjadi pada penelitian. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya guru bimbingan dan konseling dalam menangani masalah yang dialami oleh peserta didik menggunakan pendekatan terapeutik berpengaruh terhadap peserta didik dan dapat membantu peserta didik dalam menangani masalahnya. Dengan demikian, guru bimbingan konseling dapat dikatakan menggunakan atau menerapkan pendekatan ini apabila memenuhi empat tahapan yang ada pada pendekatan terapeutik antara lain tahap pra interaksi, orientasi, tahap kerja dan tahap terminasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023