JCDD
Vol. 2 No. 2 (2022): Edisi Juli - Desember 2022

PENDAMPINGAN MENGEMBALIKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PAMERAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Imamuddin, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2022

Abstract

Objektif. Pembelajaran pada masa pandemi covid-19 telah berdampak kepada pembelajaran yang berlangsung di sekolah-sekolah. Pembelajaran yang dilaksanakan secara tatap muka beralih menjadi pembelajaran online. Hal ini yang menyebabkan merosotnya minat belajar siswa-siswa di sekolah dan lebih khusus siswa-siswa di Sekolah Dasar (SD). Untuk mengatasi rendahnya minat belajar siswa sekolah dasar ini, tim melakukan pendampingan mengembalikan minat belajar siswa melalui pameran media pembelajaran matemati. Tujuan dari pendampingan ini tidak lain untuk upaya mengembalikan minat belajar matematika siswa setelah pandemi. Material and Metode. Kegiatan pendampingan berupa kegiatan PKM mandiri dengan kegiatan pameran media pembelajaran matematika. Tim secara bergantian menjelaskan beberapa media pembelajaran matematika kepada para siswa, tanya jawab, dan penutup. Pada tahap penutup ini tim memberikan angket kepada siswa. Hasil. Hasil dari kegiatan ini diperoleh bahwa siswa senang dengan adanya kegiatan, memperoleh pengalam baru, mengerti dan mudah memahmi konsep, dan berminat untuk belajar matematika. Kesimpulan. Perubahan minat belajar siswa, didasarkan oleh pengalaman yang diteri oleh siswa. Kegiatan pendampingan yang telah dilaksanakan merupakan salah satu memberikan pengalaman kepada siswa. Dengan adanya pameran media pembelajaran matematika siswa merasa senang dengan pendampingan (pameran media pembelajaran), siswa memahami dan mengerti dengan konsep-konsep matematika yang dijelaskan dengan menggunakan media, siswa merasa memperoleh pengalaman baru dalam belajar matematika, siswa tertarik untuk belajar matematika, dan minat belajar matematika siswa kembali meningkatkan.

Copyrights © 2022