MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 5, No 2 (2023): MATHEMA

Analisis Butir Soal Sumatif Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Kelas VII dengan Berbantuan Aplikasi Software Anates

Cahyaningrum, Ira Yoshita (Unknown)
Fuady, Anies (Unknown)
Sunismi, Sunismi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan reliabilitas tes, pembagian kelompok atas atau unggul dan kelompok bawah atau asor, adanya daya pembeda, perbedaan tingkat kesukaran soal, dan kualitas soal dengan pengecoh pada soal sumatif akhir semester ganjil dengan menggunakan software Anates dan jenis soal adalah pilihan ganda. Kriteria soal yang muncul diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara dokumentasi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 40 Surabaya. Pengambilan data secara acak dengan kelas terpilih kelas VIIF. Soal sumatif akhir semester ganjil kelas VII tahun pelajaran 2022-2023 pada bidang studi matematika dikerjakan sebanyak 31 siswa dengan jumlah soal sebanyak 40 butir. Data yang diperoleh kemudian dianalisis sehingga menghasilkan reliabilitas soal menunjukkan angka 0,51 yang berarti cukup. Adanya pembagian kelompok unggul dengan 8 siswa yang memiliki skor tinggi dan kelompok asor sejumlah 8 siswa dengan skor rendah. Daya Pembeda dalam mengerjakan soal sumatif akhir semester ganjil adalah cukup baik, sedangkan kualitas pengecoh soal secara keseluruhan kurang efektif. Sebagian besar pengecoh belum berfungsi dengan baik dan ada 1 soal yang tidak terbaca. Dengan demikian, secara keseluruhan soal sumatif akhir semester ganjil kelas VII bidang studi matematika adalah signifikan dan layak diberikan kepada siswa. Untuk selanjutnya soal yang kurang baik ataupun pengecohnya kurang berfungsi perlu diberikan perbaikan dan menambah tampilan agar lebih menarik.Kata Kunci: Analisis butir soal, Software Anates, Reliabilitas

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalmathema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN: 2686-5823) is a single peer-reviewed journal published in Indonesia by the Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. This journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development ...