Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 2 No. 4 (2022): EduTIK : Agustus 2022

Penerapan Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK

Andre Karol Pangemanan (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Alfrina Mewengkang (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Mario Tulenan Parinsi (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui apakah Penerapan Pembelajaran Blended Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tomohon. Jenis penelitian yang digunakan oleh Peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action class room). Dalam prosedur penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus mempunyai 4 tahapan, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observe), refkelsi (reflection). hasil ketuntasan belajar siswa sudah mencapai standar yang ditetapkan yaitu diatas 85%. Hasil ini dapat dikatakan berhasil karena berdasarkan hasil pengamatan selama kegiatan pembelajaran di Siklus II ini, sebagian besar siswa sudah lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Electrical & Electronics Engineering Other

Description

Jurnal Edutik merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado. Jurnal ini hadir sebagai wadah bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkontribusi dalam ...