Bullying adalah bentuk kenakalan remaja yang ditimbulkan dari gangguan perkembangan psikososial yaitu perilaku remaja yang gemar melanggar aturan, mengucilkan kelompok, menghina, dan mengejek. ntuk mengetahui karakteristik respoden, konsep diri, dan perilaku bullying serta hubungan konsep diri dengan perilaku bullying. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode cross sectional. Sampel proportional stratified random sampling sebanyak 97 responden. Hasil penelitian menunjukkan remaja dengan konsep diri negatif 52,6%, perilaku bullying tinggi sebanyak 47,4%. p = 2,603×10-11 <0,05 artinya terdapat hubungan bermakna konsep diri dengan perilaku bullying pada siswa kelas VII di SMP Negeri 32 Samarinda dengan r = -0,613 yang berarti hubungan kuat dan arah hubungan negatif. Sehingga dapat disimpu erdapat hubungan konsep diri dengan perilaku bullying pada siswa kelas VII di SMP Negeri 32 Samarinda.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023