THEOREMA : The Journal Education of Mathematics
Vol 4 No 1 (2023): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SIJUNJUNG

nur afni fajri (Universitas PGRi Sumatera Barat)
Ramadoni Ramadoni (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sijunjung Tahun Ajaran 2022/2023 pada kelas XI OTKP 1. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes kemampuan pemahaman konsep, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan kemampuan akademik tinggi pada umumnya siswa sudah mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan indikator pemahaman konsep dengan baik dan benar. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan kemampuan akademik sedang pada umumnya siswa sudah mampu menyelesaikan soal pemahaman konsep dengan baik dan benar namun masih ada beberapa siswa yang tidak memberikan jawaban seperti pada indikator mengaplikasikan konsep/algoritma ke pemecahan masalah. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan kemampuan rendah pada umumnya siswa dinyatakan kurang mampu menyelesaikan soal pemahaman konsep dengan baik dan benar dan hampir setengah dari jumlah siswa melakukan banyak kesalahan seperti pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep dan mengaplikasikan konsep/algoritma ke pemecahan masalah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

THEOREMA

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Theorema: The Journal Education of Mathematics merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Jurnal ini bertujuan sebagai tempat publikasi hasil penelitian dan pemikiran pada bidang ...