eCo-Fin
Vol. 5 No. 3 (2023): eCo-Fin

Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah PT. BPRS Puduarta Insani Tembung)

Hanifah Oktaviani Fakhri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Sri Ramadhani (Unknown)
Nurul Jannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2023

Abstract

Lembaga keuangan dituntut untuk lebih fokus pada kepuasan pelanggan, kualitas layanan, dan kualitas produk akibat saat ini persaingan semakin banyak. Akibatnya, bank termotivasi untuk meningkatkan kualitas produk, pelayanan, dan relationship marketing untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan mendapatkan loyalitas mereka. Kualitas produk, kualitas pelayanan, dan relationship marketing diidentifikasi sebagai variabel independen pada penelitian ini, sedangkan loyalitas nasabah diidentifikasi sebagai variabel dependen. Alasan dilakukannya eksplorasi ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak kualitas produk, kualitas pelayanan, dan relationsip marketing Bank Syariah PT. BPRS Puduarta Insani Tembung terhadap loyalitas nasabah. Dengan menggunakan metodologi kuantitatif, penelitian ini yaitu penelitian lapangan. Data primer ditangani karena penelitian ini yaitu informasi langsung kemudian diperiksa melalui program SPSS 25. Pengumpulan informasi diperoleh melalui angket yang disampaikan kepada 90 responden. Metode pengambilan sampel yang dipakai agar menjabarkan data karena studi ini yaitu dengan memakai regresi linier berganda. Kualitas produk (X1), Kualitas Pelayanan (X2), dan RelationshipMarketing (X3) semuanya ditemukan memiliki dampak positif dan penting pada Loyalitas Nasabah (Y).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ef

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Focusing on the development of economics, especially finance & accounting, both scientific and practical reviews, is expected to be a scientific medium for the creation of integration between theoretical studies and practical studies for the development of economics in various social aspects. ...