Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengembangan ICT serta kebermanfaatannya di TK Ibrah Malaysia. ICT ini dikembangkan untuk pembelajaran dan perkembangan bahasa. Pemanfaatan ICT telah disesuaikan dengan kurikulum di TK Ibrah agar target RPH tercapai, karena TK Ibrah adalah TK full day semi daycare sehingga pembelajaran bahasa dirasa penting karena komunikasi tersebut digunakan sehari-hari. TK Ibrah Malaysia menggunakan bilingual Melayu dan Inggris, maka dari itu perkembangan bahasa anak harus diperhatikan untuk komunikasi sehari-hari. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan milik Borg and Ghall yang memiliki 10 langkah, namun hanya ditempuh hanya 7 langkah sesuai dengan petunjuk Ardhana. Uji coba kecil dilakukan dengan melibatkan 6 orang anak dan uji coba besar dilakukan dengan melibatkan 35 anak. Teknik pengambilan data adalah kualitatif dan kuantitatif. Data yang diambil adalah keamanan ICT, mudah dilakukan dan menyenangkan untuk anak. Hasil dari penelitian ini bahwa ICT sangat membantu baik guru dan anak untuk proses belajar mengajarnya, perkembangan bahasa anak juga terbantu dengan adanya ICT ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ICT dapat digunakan namun harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat usia anak.
Copyrights © 2023