Model interaksi yang dilakukan oleh para pesertadidik atau biasa disebut Fangirling memiliki perilaku interaksi melalui media sosial. Perilaku akses media sosial membentuk konsep simulakra bahwa fangirling bisa bebas berimajinasi dengan simulasi lewat media sosial idola yang di idolakan. Penelitian ini bertujuan mengetahui perilaku fangirling terhadap perilaku belajar di sekolah pesertadidik MAN 2 Kota semarang. Simulakra yang dilakukan pesertadidik sejauhmana mereka mengidolakan dengan imajinasi simulasi. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan kajian referensi tentang model interaksi yang dilakukan pesertadidik MAN 2 Kota Semarang sebagai fangirling terhadap perilaku simulakra. Hasil data penulisan menunjukan model komunikasi fangirling terhadap pendidik memberikan stimulus terhadap pendidik yang menyisipkan pembelajaran dengan konten K-pop fangirling.
Copyrights © 2023