ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2023): ELIPS, September 2023

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 11 MAROS BARU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTIONS

Harfiah Harfiah (MAS Nahdlatul Ulum)
A. Muhajir Nasir (Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muslim Maros)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2023

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Maros Baru pada mata pelajaran Matematika yakni 89 peserta didik (70%) dari 127 peserta didik yang belum memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar matematika peserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajaran explicit instructions pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Maros Baru. Sampel diambil satu kelas sebanyak 30 peserta didik secara random. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Paired Sample T-Test dan One Sample T-Test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest 27,10 dengan standar deviasi 5,892 sedangkan rata-rata nilai posttest 81,83 dengan standar deviasi 6,929. Rata-rata skor gain ternormalisasi 0,76 dari data prestasi belajar termasuk dalam kategori tinggi, data terdistribusi normal untuk data prestasi belajar. Berdasarkan Uji-t, diperoleh nilai signifikansi 0,000 < ½α dari nilai yaitu 0,025 yang berarti terdapat peningkatan prestasi belajar matematika peserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajaran explicit instructions pada materi bangun ruang sisi datar, tes akhir juga memperlihatkan bahwa 26 dari 30 peserta didik (86,67%) telah mencapai nilai KKM mata pelajaran matematika di SMP Negeri 11 Maros Baru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ELIPS

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Elips: Jurnal Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) Pengamat ...