Pascal: Journal of Physics and Science Learning
Vol 7, No 1 (2023): Juni

PENGARUH PENGGUNAAN TEMPLATE PADA APLIKASI CAPCUT YANG MEMUDAHKAN MAHASISWA UNTUK MENGEDIT VIDIO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Rika Syahmewah (Universitas Islam Labuhanbatu)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Pengeditan video telah menjadi kegiatan yang populer dan penting dalam era digital saat ini. Bagi mahasiswa, kemampuan mengedit video merupakan keterampilan yang sangat berharga, terutama dalam konteks pembelajaran. Aplikasi CapCut adalah salah satu aplikasi pengeditan video yang populer di kalangan mahasiswa karena kemudahan penggunaannya. Salah satu fitur utama yang ditawarkan oleh CapCut adalah penggunaan template yang dapat memudahkan pengeditan video. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan template pada aplikasi CapCut terhadap kemudahan mahasiswa dalam mengedit video sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Kualitatif denga teknik Wawancara. Responden diminta untuk menggunakan CapCut dan mengevaluasi penggunaan template dalam konteks pengeditan video untuk pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan template pada aplikasi CapCut memiliki pengaruh yang signifikan dalam memudahkan mahasiswa untuk mengedit video sebagai media pembelajaran. Mayoritas responden menyatakan bahwa template mempercepat proses pengeditan video, mengurangi kesulitan teknis, dan meningkatkan kualitas hasil akhir video. Selain itu, penggunaan template juga memberikan inspirasi dan ide kreatif kepada mahasiswa dalam merancang video pembelajaran yang menarik. Kesimpulannya, penggunaan template pada aplikasi CapCut memiliki dampak positif dalam memudahkan mahasiswa dalam mengedit video sebagai media pembelajaran. Template ini dapat mengurangi hambatan teknis dan waktu yang diperlukan untuk menghasilkan video berkualitas tinggi. Oleh karena itu, disarankan agar mahasiswa memanfaatkan fitur template ini secara optimal dalam mengembangkan keterampilan pengeditan video mereka sebagai sarana pembelajaran yang efektif. Penelitian ini juga mendorong pengembangan lebih lanjut pada fitur template dan pengeditan video dalam konteks pendidikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PASCAL

Publisher

Subject

Physics Social Sciences Other

Description

Journal of Physics and Science Learning (PASCAL) merupakan Jurnal yang diterbitkan secara berkala pada bulan Juni dan Desember oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Islam Sumatera Utara. Jurnal ini memuat hasil pemikiran, ide, gagasan dari penelitian,pengembangan kajian pustaka dan ...