Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan apa saja yang dialami oleh siswa SMA 17 Agustus Rabasa Biris selama kegiatan pembelajaran yang berlangsung secara daring pada mata pelajaran sejarah selama masa pandemi covid-19. Dalam penelitian metode yang dugunakan adalah studi kasus melalui wawancara dengan menggunakan sampel sebanyak 15 siswa yang ada pada kelas XI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum permasalahan yang dialami oleh siswa kelas XI di SMA 17 Agustus Rabasa Biris dalam mengikuti proses belajar pada mata pelajaran sejarah di masa pandemi covid-19 adalah fasilitas yang tidak mendukung dalam proses pembelajaran dan waktu belajar yang tersedia tidak maksimal sehingga siswa mengalami persolan dalam memahami materi yang disampaikan, serta jangkauan layanan internet juga menjadi salah satu faktor utama. Penelitian ini diharapkan mampu menggali persoalan yang dihadapi oleh siswa selama proses belajar pada mata pelajaran sejarah sehingga penelitian ini dapat berkontribusi terhadap penelitian yang akan terlaksana selanjutnya dalam menawarkan solusi terhadap permasalahan tersebut.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021