JEMMA | Journal of Economic, Management and Accounting
Vol 6, No 2 (2023): September 2023

PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN SUASANA CAFE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA CAFE NIAR DY DI PELABUHAN TANJUNG RINGGIT KOTA PALOPO

Raznilawati Zainuddin (Universitas andi djemma)
Nasruddin Nasruddin (Universitas andi djemma)
Fani Danun (Universitas andi djemma)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran dan suasana café terhadap loyalitas pelanggan pada Café Niar Dy di Pelabuhan Tanjung Ringgit Kota Palopo. Metode yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda dengan jumlah sampel 50 responden. Data yang digunakan adalah data primer yang dihasilkan dari penelitian lapangan secara objektif melalui wawancara dan kuesioner. Hasil uji hipotesis (1) dengan menggunakan regresi berganda diperoleh hasil bahwa pengujian variabel komunikasi pemasaran dan suasana café diperoleh nilai f hitung sebesar 2,926 f tabel 2.80 dengan nilai probabilitas (sig) = 0,063 0,05 yang berarti bahwa komunikasi pemasaran dan suasana café tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. sedangkan hasil hipotesis (2) menunjukkan bahwa hasil pengujian variabel komunikasi pemasaran mempunyai t hitung yakni (1,249) dengan t tabel (2.01174) dan nilai signifikan diperoleh komunikasi pemasaran (0,218) lebih besar dari nilai signifikan yang di tetapkan sebesar (0,05). Disimpulkan komunikasi pemasaran tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Café Niar Dy. Kemudian untuk variabel suasana cafe mempunyai t hitung yakni (1,949) dengan t tabel (2.01174) dan nilai signifikan yang diperoleh komunikasi pemasaran (0,057) lebih besar dari nilai signifikan yang di tetapkan sebesar (0,05). Disimpulkan bahwa komunikasi pemasaran tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Café Niar Dy

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jemma

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal ini memiliki tujuan untuk meneliti pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap loyalitas karyawan serta dampaknya pada kinerja karyawan di PT. Industri Kapal Indonesia (Persero) Makassar. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner, observasi, dan dokumentasi. ...