Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran dan suasana café terhadap loyalitas pelanggan pada Café Niar Dy di Pelabuhan Tanjung Ringgit Kota Palopo. Metode yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda dengan jumlah sampel 50 responden. Data yang digunakan adalah data primer yang dihasilkan dari penelitian lapangan secara objektif melalui wawancara dan kuesioner. Hasil uji hipotesis (1) dengan menggunakan regresi berganda diperoleh hasil bahwa pengujian variabel komunikasi pemasaran dan suasana café diperoleh nilai f hitung sebesar 2,926 f tabel 2.80 dengan nilai probabilitas (sig) = 0,063 0,05 yang berarti bahwa komunikasi pemasaran dan suasana café tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. sedangkan hasil hipotesis (2) menunjukkan bahwa hasil pengujian variabel komunikasi pemasaran mempunyai t hitung yakni (1,249) dengan t tabel (2.01174) dan nilai signifikan diperoleh komunikasi pemasaran (0,218) lebih besar dari nilai signifikan yang di tetapkan sebesar (0,05). Disimpulkan komunikasi pemasaran tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Café Niar Dy. Kemudian untuk variabel suasana cafe mempunyai t hitung yakni (1,949) dengan t tabel (2.01174) dan nilai signifikan yang diperoleh komunikasi pemasaran (0,057) lebih besar dari nilai signifikan yang di tetapkan sebesar (0,05). Disimpulkan bahwa komunikasi pemasaran tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Café Niar Dy
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023