Penelitian ini berlatar belakang dari fenomena menurunya minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dan menurunya kemampuan siswa dalam mengamalkan nilai – nilai keislaman dalam berinteraksi dan bersikap, sehingga terjadi kesenjangan sosial antara pendidikan agama dan pendidikan umum. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Perancanaan 2 ) Bagaimana Pelaksanaan 3) Bagaimana Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang Berbasis seklah alam di Sekolah Dasar Negeri 04 Buak Mau Desa Buak Limbang Kecamatan Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang:1) Perancanaan. 2) Pelaksanaan. 3) Model Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Sekolah Alam di Sekolah Dasar Negeri 04 Buak Mau Desa Buak Limbang Kecamatan Pengkadan Kabupaten Kapuas Hulu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif fenomenologi analisis yang dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang kejadian yang nyata terjadi. Metode ini untuk menggambakan suatu keadaan yang terjadi pada saat penelitian dilakukan. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis reduksi data display data, dan verifikasi/penaikan kesimpulan. Hasil penelitian ini Perencanaan pembelajaran agama islam di Sekolah sama seperti di Sekolah pada umumnya, dokumen perencanaan berupa RPP, silabus sesuai SK KD Diknas, program pembelajaran berupa aktifitas pembelajaran dilakukan didalam dan diluar kelas, program aktivitas pagi, kunjungan lapangan, model pembelajaran menggunakn model CTL, Koperatif, dan Pemodelan. Metode belajar menggunakan metode, BBA, ceramah, cerita, pemahaman dan penalaran, kemudian metode keteladanan.
Copyrights © 2022