Pariwisata di Pulau Bali mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi dari berbagai kalangan setelah berhasil mengembalikan tingkat kunjungan wisatawan pasca pandemic covid 19. Industri pariwisata yang sempat terganggu akibat minimnya mobilitas wisatawan sudah kembali menjalankan operasionalnya. Tetapi terdapat fenomena yang kurang menyenangkan dengan perilaku wisatawan mancanegara selama di kawasan pulau Bali yang menimbulkan keresahan masyarakat hingga diperbincangkan di media sosial khususnya twitter. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui respon sentimen masyarakat terhadap perilaku wisatawan mancanegara dan dampak pada aktivitas pariwisata di kawasan pulau Bali. Metode kualitatif deskriptif menjadi pilihan dalam penelitian ini dengan intepretasi netnografi dan dibantu oleh aplikasi analisis data NVivo. Data yang digunakan dalam penelitian sejumlah 2.263 cuitan dalam media sosial twitter dengan kata kunci turis asing bali. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat sentiment negatif dari masyarakat di media sosial twitter dengan munculnya berbagai kata yang menyudutkan wisatawan asing tersebut atas ulah perilaku yang tidak baik di kawasan pulau Bali. Hasil yang kedua terdapat dampak pada aktivitas pariwisata di pulau Bali dengan munculnya desakan dan aturan pembatasan bagi aktivitas wisatawan asing.
Copyrights © 2023