Adapun permasalahan pokok yang diteliti ialah bagaimana penerapan metode pembelajaran Belajar Tuntas dalam mata pelajaran fiqih pada peserta didik kelas VII.A di Ponpes Muhammadiyah Boarding School dan apakah metode pembelajaran Belajar Tuntas dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII.A Ponpes Muhammadiyah Boarding School Kabupaten Enrekang.Untuk menyelesaikan masalah diatas, diadakan penelitian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada tahun 2023 terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas VII.A Ponpes Muhammadiyah Boarding School Kabupaten Enrekang dengan jumlah peserta didik 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik ditandai dengan meningkatnya keaktifan pesrta didik dalam pembelajaran sesuai dengan hasil observasi selama Tindakan kelas berlangsung. Hasil tes akhir siklus yaitu sebesar 90,63% menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Fiqih. Hasil belajar pada siklus I ialah 62,5%, pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 90,63%. Kesimpulannya bahwa metode pembelajaran Belajar Tuntas dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII.A Ponpes Muhammadiyah Boarding School Kabupaten Enrekang pada mata pelajaran Fiqih.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023