Jurnal Kolaboratif Sains
Vol. 6 No. 10: OKTOBER 2023

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Peserta Didik melalui Sistem Guru Keliling (Guling) : Efforts to Improve Islamic Religious Education Learning Outcomes for Students through the Itinerant Teacher System (Guling)

Muhammad Rizal Masdul (Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia)
Kuliawati (Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia)
Norma Yunita (Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik melalui sistem Guru Keliling (Guling) di SDN 6 Kayumalue Ngapa, dan untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik melalui sistem Guru Keliling (Guling) di SDN 6 Kayumalue Ngapa. Metode penelitian yang digunakan dalam Skripsi ini adalah peneltian yang membutuhkan waktu, tenaga, alat, dana, sarana dan prasarana. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu instrument penulisan yang tepat dalam merancang dan melaksanakan penulisan. Instrument penulisan merupakan alat-alat yang dipergunakan dalam upaya pencarian dan pengumpulan data dalam suatu penulisan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1. Upaya meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik melalui sistem Guru Keliling (Guling) di SDN 6 Kayumalue Ngapa adalah: Memberikan motivasi kepada peserta didik agar rajin mengulangi pelajaran di rumah, Membangun komunikasi dengan orang tua peserta didik, agar Peserta didik ada di rumah ketika Guru Keliling dating mengajar, mendidik peserta didik agar memiliki ketekunan yang tinggi, Menanamkan rasa Penuh percaya diri kepada peserta didik dan Menanamkan kedisiplinan pada diri peserta didik, 2. Implikasi upaya meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik melalui sistem Guru Keliling (Guling) di SDN 6 Kayumalue Ngapa adalah Hasil belajar Pendidikan Agama Islam meningkat karena Peserta didik termotivasi rajin mengulangi pelajaran PAI di rumah, Komunikasi terjalin antara orang tua peserta didik dengan guru PAI, Memperoleh nilai diatas nilai standar, karena tertanam ketekunan pada diri peserta didik, Dengan Guru Keliling, Peserta didik mudah memahami pelajaran dan Nilai bagus karena Guru keliling rajin datang mengajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JKS

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Other

Description

Jurnal Kolaboratif Sains merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palu. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dalam bentuk Hasil Penelitian, Laporan Penelitian, Literatur Review. Semua manuskrip yang dikirimkan adalah peer review oleh para ahli di bidang yang relevan. Tujuan dan ...