Jurnal Esabi (Jurnal Edukasi dan Sains Biologi)
Vol. 3 No. 1 (2021)

PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH DENGAN TAMPILAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 PADANG GELUGUR KAB. PASAMAN

Essil, Nofria (Unknown)
Muhar, Nawir (Unknown)
Azrita, Azrita (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMAN 1 Padang Gelugur Kab. Pasaman dengan menggunakan multimedia berbasis Macromedia Flash dengan tampilan powerpoint pada materi Sistem Produksi Manusia. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas XI IPA 2 berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 86.12 dan kelas kontrol 76.0. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung 3.65> ttabel 1.68 (? 0.05), berarti H1 diterima. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pembelajaran menggunakan multimedia berbasis Macromedia Flash dengan tampilan powerpoint pembelajaran konvensional. Metode pembelajaran ini memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa sebesar 76%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

esabi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science

Description

This journal publishes articles on research results related to biology education and biology science. The scope contained in this journal includes: Biology 1. Botany 2. Zoology 3. Environmental 4. Physiology 5. Biotechnology 6. Applied Science using objects biology Biology Education 1. Teaching and ...