Jurnal Esabi (Jurnal Edukasi dan Sains Biologi)
Vol. 4 No. 1 (2022)

Meta Analisis: Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Untuk Evaluasi Hasil Belajar Siswa

Yuselmi, Retti (Unknown)
Zulyusri, Zulyusri (Unknown)
Lufri, Lufri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kembali pengaruh penggunaan aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah meta-analisis dengan menelaah sumber data yang berasal dari jurnal nasional terbitan tahun 2018 hingga 2022. Pengumpulan data berupa artikel dan jurnal elektronik dilakukan dengan bantuan Google Scholar. Hasil pencarian diperoleh sebanyak 10 artikel relevan, jurnal elektronik dan prosiding. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan perhitungan effect size untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian meta analisis berpengaruh terhadap hasil belajar penggunaan aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi hasil belajar siswa memiliki harga rata-rata: 0,279 dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan pengaruh penggunaan aplikasi Kahoot sebagai media evaluasi hasil belajar siswa termasuk dalam media.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

esabi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science

Description

This journal publishes articles on research results related to biology education and biology science. The scope contained in this journal includes: Biology 1. Botany 2. Zoology 3. Environmental 4. Physiology 5. Biotechnology 6. Applied Science using objects biology Biology Education 1. Teaching and ...