Ta'diban: Journal of Islamic Education
Vol 2 No 1 (2021): Juli - Desember

Motivasi Siswa Mengikuti Pengembangan Diri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler (Muhadarah) Pondok Pesantren Arrummani Kampar

Hasbi Hasbi (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2022

Abstract

Diri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler (Muhadarah) Pondok Pesantren Arrummani Kampar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa Pondok Pesantren Arrummani 59 Siswa, kepala sekolah, guru pembina muhadarah, dan guru. Tekhnik yang digunanakan untuk pengumpulan data melalui angket diberikan kepada siswa/i Pondok Pesantren Arrummani, observasi dan wawancara. Adapun hasil penelitian, diketahui bahwa (1) Motivasi siswa mengikuti pengembangan diri melalui kegiatan muhadarah di Pondok Pesantren Arrummani, terlihat dari jawaban yang diberikan angket dan wawancara guru pada umumnya (81,35%) berjumlah 48 orang siswa menyatakan mengikuti kegiatan muhadarah dikeranakan berasal dari dalam diri siswa sendiri. (2) Faktor yang mempengaruhi motivasi siswa mengikuti pengembangan diri melalui kegiatan muhadarah, terlihat dari jawaban yang diberikan siswa melalui angket dan wawancara di antaranya faktor tersebut adalah di antaranya faktor internal sebagian besar (52,54%) 31 orang siswa menyatakan keinginan yang tumbuh dari diri siswa atau guru itu sendiri, serta faktor ekternal sebagian kecil (47,45%) 28 orang siswa yang menyatakan muncul dari luar diri siswa seperti lingkungan, faktor keluarga, dan faktor mutu pendidikan. (3) Usaha guru meningkatkan motivasi siswa mengikuti pengembangan diri melalui kegiatan muhadarah di antaranya dengan mendatangkan pembina dari luar yang sudah perpengalaman, memberikan amplus terhadap siswa yang sudah tampil dengan baik, serta memberikan hadiah terhadap kelas yang di anggap sudah tampil dengan baik melalui perlombaan-perlombaan yang dilaksanakan dalam satu kali semester.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tadibanjournals

Publisher

Subject

Religion Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ta’diban: Journal of Islamic Education adalah Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang fokus pada pendidikan anak dari berbagai aspek dan perspektif. Jurnal ini berisi tulisan tentang gagasan konseptual, kajian dan penerapan teori, penulisan praktis dan hasil penelitian ...