Hasil belajar matematika siswa di Indonesia pada umumnya masih jauh dari memuaskan, bahkan bisa disebut mengecewakan. Salah satu upaya yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran tutor sebaya. Tulisan ini termasuk kajian pustaka, sehingga metode yang digunakan yaitu merangkum dan menganalisis hasil penelitian relevan yang telah dilakukan. Model pembelajaran tutor sebaya merupakan suatu model pembelajaran dimana siswa belajar dalam kelompok kecil yang dikelompokkan dengan tingkat kemampuan yang berbeda, semua anggota kelompok saling bekerja sama dan saling membantu untuk memahami materi yang menciptakan saling menghargai sesama teman-teman lainnya. Dengan memperhatikan sintaks pembelajaran tersebut, maka pembelajaran tutor sebaya akan sangat berharga bagi siswa yang berperan sebagai guru maupun siswa yang diajar, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2021