Ta'diban: Journal of Islamic Education
Vol 3 No 1 (2022): Juli - Desember

Pengaruh Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Enik Nur Faizah (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam)
Dewi Setiawati (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui media yang di gunakan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di RA Al-Maryam. 2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi strategi guru dalam menggunakan media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di RA Al-Maryam. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang dilaksanakan di RA Al- Maryam, dilaksanakan pada bulan Oktober 2021 sampai Maret 2022. Subjek penelitian ini adalah guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, wawancara dan analisis data berupa data reduction, data display dan conclusion drawing. Hasil penelitian dapat dipaparkan sebagai berikut: 1) Media yang di gunakan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah media pembelajaran yang bersifat benda (material) berupa buku, hewan, tumbuhan, grafik, video, in focus, kaset, tape radio; pembelajaran yang bersifat non material berupa larangan, pujian, hukuman, pengalaman; dan media pembelajaran terintegrasi teknologi berupa google form, prezi online. 2) Faktor yang mempengaruhi strategi guru dalam menggunakan media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu faktor pendukung, faktor penghambat dan solusi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tadibanjournals

Publisher

Subject

Religion Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ta’diban: Journal of Islamic Education adalah Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang fokus pada pendidikan anak dari berbagai aspek dan perspektif. Jurnal ini berisi tulisan tentang gagasan konseptual, kajian dan penerapan teori, penulisan praktis dan hasil penelitian ...