Ta'diban: Journal of Islamic Education
Vol 3 No 1 (2022): Juli - Desember

Strategi Pemberian Reward dan Punishment pada Pembelajaran Tematik SDII Luqman Al Hakim 01 Lingga Kelas III

Sari Mahwati Hasibuan (STIT Hidayatullah Batam)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2023

Abstract

Strategi merupakan pola umum rentetan kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Strategi adalah proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai. Salah satu strategi yang dapat ditawarkan penulis dalam pembelajaran tematik adalah dengan pemberian reward dan punishment kepada peserta didik. Pemberian reward disini dapat berupa pujian, pujian adalah alat motivasi yang positif. Setiap orang senang dengan pujian, termasuk anak-anak senang dipuji atas suatu pekerjaan yang telah selesai dikerjakannya dengan baik. Sedangkan punishment adalah reinforcement negatif. Punishment yang mendidik dibutuhkan dalam dunia pendidikan, kesalahan peserta didik karena melanggar disiplin dapat diberi punishment berupa sanksi. Pembelajaran tematik adalah tema-tema yang tergabung dalam beberapa mata pelajaran yang saling berkaitan sehingga dalam proses pengajarannya dapat memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tadibanjournals

Publisher

Subject

Religion Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ta’diban: Journal of Islamic Education adalah Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang fokus pada pendidikan anak dari berbagai aspek dan perspektif. Jurnal ini berisi tulisan tentang gagasan konseptual, kajian dan penerapan teori, penulisan praktis dan hasil penelitian ...