Ta'diban: Journal of Islamic Education
Vol 3 No 1 (2022): Juli - Desember

Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan

Muthma'innah Muthma'innah (STIT Hidayatullah Batam)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2023

Abstract

Kesulitan belajar matematika peserta didik pada mata pelajaran matematika dapat dipengaruhi oleh berbagai penyebab. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Tujuan dari metode deskriptif ini adalah untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan fenomena yang diselidiki. Pembelajaran matematika yang diajarkan di sekolah bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut: (1) Memahami konsep matematika; menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah; (2) menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika. Factor penyebab kesulitan belajar matematika ialah bersifat kognitif, afektif, psikomotorik. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika ialah: membaca secara berulang, dan memberikan soal yang bervariasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tadibanjournals

Publisher

Subject

Religion Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ta’diban: Journal of Islamic Education adalah Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang fokus pada pendidikan anak dari berbagai aspek dan perspektif. Jurnal ini berisi tulisan tentang gagasan konseptual, kajian dan penerapan teori, penulisan praktis dan hasil penelitian ...